ASA YANG TERTINGGAL

"Masa depan yang cerah berdasarkan pada masa lalu yang telah dilupakan. Anda tidak dapat melangkah dengan baik dalam kehidupan anda sampai kamu melupakan kegagalan anda dan rasa sakit hati".(zenis'80)

Sabtu, 16 Mei 2009

Masa PUBER


Nggak Usah Malu Kalau Berubah

“Aduh, aku ini kenapa sih? Kok jadi nggak enak gini badanku sekarang?”

“Waduh, semalam aku mimpi apaan ya? Kok…”

Hehehe… hayo… kamu-kamu pastinya udah mengalami atau ngebatin hal-hal seperti itu ya? Kalau nggak dari kelas 6 SD dulu, kemungkinan yang pas SMP sekarang ini. Sebetulnya kenapa sih tubuh kita jadi berubah?

Nah, pernah dengar istilah puber nggak? Sebetulnya, puber itu merupakan masa perantara antara masa anak-anak kamu ke masa mau remaja. Biasanya, kita akan ngalamin perubahan fisik dan psikis lho.

Buat kamu yang cowok, biasanya udah mulai yang ngalamin perubahan suara, bahu jadi lebih bidang, mulai keluar kumis atau jenggot, otot menguat, tumbuh bulu-bulu di ketiak dan daerah di sekitar kemaluan, timbul jakun, dan mulai berfungsinya alat reproduksi.

Sedangkan kalau yang cewek, bentuk tubuhnya jadi mulai berlekuk, pinggul melebar, kulit jadi lebih halus, suara jadi lebih lembut, tumbuhnya bulu-bulu di ketiak dan seputar kemaluan, mengalami haid, buah dada mulai tumbuh dan kadang terasa sakit.

Terus yang mungkin kamu sering tahu, kenapa ya kok tinggi badan cewek kebanyakan jadi lebih cepat tinggi dari pada cowok ya? Itu karena masa puber yang dialami sama cewek emang bisa lebih cepat dua tahun daripada cowok.

Nggak hanya urusan perubahan di bagian fisik, cara berpikir kita juga jadi beda. Mulai ada tuh yang namanya suka sama lawan jenis, kepingin diperhatiin, atau malah malu kalau ada lawan jenis yang ngedekat.

Tuh, kamu ngerasa nggak yang namanya perunbahan-perubahaan kayak begituan dalam diri kamu? Kalau iya, nggak usah khawatir kok. Soalnya itu adalah hal yang wajar kok. Siapapun dari kita, pasti akan mengalami hal seperti itu.

Biar kita nggak kesulitan sama masalah-masalah yang bisa timbul karena perubahan dalam diri kita, konsultasikan saja masalah tersebut pada orang yang tepat. Misalnya nih pada orangtua atau guru.

Jadi nggak usah deh main saling mengejek kalau ada teman kamu yang sedang mengalami hal seperti itu. Ngapain juga hal yang wajar jadi bahan ejekan? Toh, semua orang pasti akan mengalami yang namanya masa puber kok! (zenis)



Caper dan Naksir Itu Normal

Lucu juga nih kalau dengar pengakuan teman kita Zuli. Dia ngerasa jadi nggak enak saja sama dirinya sendiri yang udah mulai suka sama lawan jenis. “Soalnya dulu kan nggak pernah seperti itu.”

Yup, urusan naksir sama lawan jenis emang jadi bagian dari proses masa pubertas. Nggak cowok nggak cewek, pasti pengen deh diperhatiin sama orang yang disukainya. Perasaan kayak begitu itu emang akan datang sendirinya tanpa kita yang minta.

Udah gitu yang kadang bikin nggak enak adalah kita jadi kebayang-bayang terus sama cowok atau cewek yang kita taksir. Terus kalau sampai ketemu sama orang yang kita taksir itu, wuih… rasanya langsung dag dig dug deh!

Yang unik dan seringnya terjadi, kita kadang jadi suka benci setengah mati sama orang yang kita suka. Jadi sok pengen memusuhi gitu. Hal seperti ini emang kadang terjadi sama beberapa orang tertentu.

Bilangnya sih benci. Padahal, artinya sama dengan benar-benar cinta. Isitilah first love juga kadang keluar di masa-masa pubertas. Seakan-akan, dunia itu jadi indah deh kalau muncul rasa cinta itu.

Perasaan suka sama lawan jenis emang jadi hal yang wajar kok. Jadi, nggak usah deh sampai kerasa nggak enak atau malah mencoba benci mati-matian sama orang yang sebetulnya kita suka.

Demikian juga kalau udah sampai bisa pacaran sama orang yang kita suka terus putus, nggak usah juga sampai sedih yang berkepanjangan. Kan kita masih muda. Masih banyak cowok atau cewek lain kok yang bisa membuat kita jatuh cinta lagi…

Nah yang bahaya itu kalau perasaan suka itu diikuti sama hal-hal yang nggak benar. Maklum karena kita udah puber, jadinya bisa muncul tuh yang namanya keinginan untuk melakukan hubungan badan yang sebetulnya belum boleh kita lakukan.

Hati-hati dan selalu ingat ya, kalau kita itu masih punya waktu panjang untuk masa depan. Ya sekolah, ya ngejar cita-cita. Jadi jangan hanya karena nafsu pikiran kotor terus kita ngorbanin masa depan kita sendiri.

Ingat lho, karena bagian reproduksi kita udah mulai berfungsi, maka kejadian yang tidak kita inginkan pun bisa saja terjadi. Jadi, jaga diri baik-baik ya. Jangan sampai kita menyesal di kemudian hari.

So sekedar rasa suka, itu emang sah-sah aja. Tapi nggak kalau mulai ke arah yang nggak benar! (Zenis)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda